HASIL TELAAH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

(TUGAS PPG PILOTING TAHAP 2 TAHUN 2024)

DISUSUN OLEH:

NAMA           IRNANI

NO.UKG        20151174425

INSTANSI     : SDN 1 TOTOHARJO

LPTK            : UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA


BERIKUT ADALAH HASIL TELAAH DARI VIDEO PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

1. LINK VIDEO 1: https://www.youtube.com/watch?v=5N6JATYPdzk&t=3s

2. LINK VIDEO 2: https://www.youtube.com/watch?v=AB80RuCyPUw

3. LINK VIDEO 3: https://www.youtube.com/watch?v=T-kQWFyaeww

Tabel 2.1 Telaah Video Pembelajaran Berdiferensiasi

 

 

Video 1

 

Video 2

 

Video 3

Pada video 1 terlihat bahwa guru berusaha mengakomodir terkait kebutuhan belajar siswa, minat belajar siswa, dan profil belajar siswa, hal ini terlihat dari bagaimana guru merancang pembelajaran dan juga aktivitas pembelajaran yang bervarisasi menyesuaikan dengan profil, kebutuhan dan minat murid

Pada video 2 tampak bahwa guru melakuakn pembelajaran dengan pendekatan pembelajarana berdiferensiasi yang focus pada diferensiasi proses, dimana guru akan memberikan perlakuan yang berbeda diantara kelompok murid, yakni murid yang daya tangkapnya agak lambat maka mendapatkan perlakuan khusus berupa pendampingan yang lebih lama dan mendalam dan begitu juga sebaliknya

Pada video 3 terlihat bagwa guru menerapkan pendekatan pembelajaran dengan diferensiasi produk, dimana proses pembelajaran dirancang dengan sebuah projek yang akan menghasilkan produk tertentu sesuai dengan minat dan bakat anak-anak murid yang ada di kelas itu

Diantara tiga video tersebut, komponen diferensiasi manakah yang menurut Bapak/Ibu paling efektif untuk diterapkan pada pembelajaran? Mengapa?

Text Box: Menurut saya dari ketiga video tersebut komponen diferensiasi proses paling mudah dan efektif karena lebih simple, hemat biaya, dan juga mudah untuk dilakukan, yakni cukup dengan memberikan perlakuan khusus pada siswa sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Masing-masing




 

 

Comments

  1. SAYA SEPENDAPAT DENGAN HASIL TELAAH VIDEO PEMBELAJARAN DIFERENSIASI YANG TELAH IBU LAKUKAN, DIMANA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA VIDEO TERSEBUT MEMPUNYAI CIRI /KARAKTERISTIK YANG BERBEDA PADA SETIAP KEGIATAN PEMBELAJARAN TERSEBUT.

    ReplyDelete
  2. Hasil telaah dari video pembelajaran diferensiasi yang telah ibu lakukan menurut saya memiliki karakter n penyajian yang berbeda,namun tetap bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan peserta didik yakni berdiferensiasi kepada peserta didik yang heterogen. Semangat untuk selalu membersamai dan menuntun peserta didik yang beragam potensinya ya Bu irr.

    ReplyDelete
  3. Sependapat dengan hasil telaah pembelajaran diferensiasi yang sudah dilakukan bu irnani. memang bentuk penyajiannya berbeda namun tujuannya sama yakni memenuhi kebutuhan peserta didik yang beragam sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal. semangat selalu bu irrr

    ReplyDelete
  4. Saya sependapat dengan hasil telaah yg telah ibu lakukan dengan peserta didik dengan penuh perhatian dan dedikasi tinggi,, memang cara menghadapi peserta didik berbeda antara satu dengan yg lain sesuai karakter mereka masing-masing..
    Tetap semangat bu irr...


    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog