HASIL TELAAH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
(TUGAS PPG PILOTING TAHAP 2 TAHUN 2024)
DISUSUN OLEH:
NAMA : IRNANI
NO.UKG : 20151174425
INSTANSI : SDN 1 TOTOHARJO
LPTK : UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
BERIKUT ADALAH HASIL TELAAH DARI VIDEO PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
1. LINK VIDEO 1: https://www.youtube.com/watch?v=5N6JATYPdzk&t=3s
2. LINK VIDEO 2: https://www.youtube.com/watch?v=AB80RuCyPUw
3. LINK VIDEO 3: https://www.youtube.com/watch?v=T-kQWFyaeww
Tabel 2.1 Telaah Video Pembelajaran Berdiferensiasi
Video 1 |
Video 2 |
Video 3 |
Pada video 1 terlihat bahwa guru berusaha mengakomodir terkait
kebutuhan belajar siswa, minat belajar siswa, dan profil belajar siswa, hal
ini terlihat dari bagaimana guru merancang pembelajaran dan juga aktivitas
pembelajaran yang bervarisasi menyesuaikan dengan profil, kebutuhan dan minat
murid |
Pada video 2 tampak bahwa
guru melakuakn pembelajaran dengan pendekatan pembelajarana berdiferensiasi
yang focus pada diferensiasi proses, dimana guru akan memberikan perlakuan
yang berbeda diantara kelompok murid, yakni murid yang daya tangkapnya agak
lambat maka mendapatkan perlakuan khusus berupa pendampingan yang lebih lama
dan mendalam dan begitu juga sebaliknya |
Pada video 3 terlihat bagwa guru menerapkan pendekatan pembelajaran
dengan diferensiasi produk, dimana proses pembelajaran dirancang dengan
sebuah projek yang akan menghasilkan produk tertentu sesuai dengan minat dan
bakat anak-anak murid yang ada di kelas itu |
Diantara
tiga video tersebut, komponen diferensiasi manakah yang menurut Bapak/Ibu
paling efektif untuk diterapkan pada pembelajaran? Mengapa?
SAYA SEPENDAPAT DENGAN HASIL TELAAH VIDEO PEMBELAJARAN DIFERENSIASI YANG TELAH IBU LAKUKAN, DIMANA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA VIDEO TERSEBUT MEMPUNYAI CIRI /KARAKTERISTIK YANG BERBEDA PADA SETIAP KEGIATAN PEMBELAJARAN TERSEBUT.
ReplyDeleteHasil telaah dari video pembelajaran diferensiasi yang telah ibu lakukan menurut saya memiliki karakter n penyajian yang berbeda,namun tetap bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan peserta didik yakni berdiferensiasi kepada peserta didik yang heterogen. Semangat untuk selalu membersamai dan menuntun peserta didik yang beragam potensinya ya Bu irr.
ReplyDeleteSependapat dengan hasil telaah pembelajaran diferensiasi yang sudah dilakukan bu irnani. memang bentuk penyajiannya berbeda namun tujuannya sama yakni memenuhi kebutuhan peserta didik yang beragam sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal. semangat selalu bu irrr
ReplyDeleteSaya sependapat dengan hasil telaah yg telah ibu lakukan dengan peserta didik dengan penuh perhatian dan dedikasi tinggi,, memang cara menghadapi peserta didik berbeda antara satu dengan yg lain sesuai karakter mereka masing-masing..
ReplyDeleteTetap semangat bu irr...